Apa itu TOEIC

Kalian pasti sering mendengar orang menyebut-nyebut TOEIC. Apalagi jika kalian adalah mahasiswa dari perguruan tinggi. Beberapa universitas maupun politeknik bahkan menyaratkan ujian TOEIC sebegai syarat sebelum para mahasiswa lulus dari program studi mereka.

Lalu apa itu TOEIC? TOEIC, Test of English for International Communication, adalah tes kemampuan bahasa Inggris terstandarisasi yang dapat dipercaya yang dibuat dan dikelola oleh ETS (Educational Testing Service). TOEIC dirancang untuk mengukur kemampuan komunikasi berbahasa Inggris yang bukan penutur asli bahasa Inggris karena ujian TOEIC diakui secara global dan diakui di seluruh dunia. Sejak tahun 1979, sekitar 14.000 bisnis, organisasi, dan kantor pemerintah di 150 negara mengakui hasil tes ujian TOEIC untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Memiliki skor TOEIC yang bagus merupakan sebuah kesempatan untuk belajar di luar negeri, misalnya di perguruan tinggi AS atau program MBA.

Ujian TOEIC terdiri dari tiga penilaian berbeda

Penilaian pertama adalah tes Mendengarkan dan Membaca TOEIC. Ini adalah tes pilihan ganda mulai dari tingkat pemula hingga mahir (A1-C1) yang bertujuan mengevaluasi kecakapan para kandidat dalam keterampilan membaca dan mendengarkan bahasa Inggris.

Yang kedua adalah tes Berbicara dan Menulis TOEIC, dilaksanakan melalui internet dan mulai dari tingkat pemula hingga mahir (A1-C1) yang bertujuan mengevaluasi kecakapan para kandidat dalam keterampilan berbahasa Inggris dan menulis.

Yang ketiga juga merupakan tes pilihan ganda yang disebut tes TOEIC Bridge, mulai dari tingkat pemula hingga menengah (A1-B1) dan bertujuan mengevaluasi kecakapan para kandidat dalam keterampilan membaca dan mendengarkan bahasa Inggris.

Apakah anda sedang menjadi siswa, mahasiswa, baru lulus atau bahkan sudah bekerja, pertanyaan “bagaimana bahasa Inggris anda?” sangat akrab terdengar oleh kita. Saat melamar ke perusahaan, perguruan tinggi atau sekolah pascasarjana terkemuka, kalian akan lebih mungkin dipertimbangkan untuk dipilih jika tingkat bahasa Inggris kalian telah disertifikasi. Karena itu, TOEIC adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan CV yang anda miliki.

Sebelum melakukan tes, sebaiknya melakukan persiapan terlebih dahulu agar tidak terkesan membuang uang begitu saja jika ternyata kalian dinyatakan tidak mencapai target yang diinginkan. Untuk melakukan persiapan TOEIC, klik di sini.